WELCOME TO MY BLOG
Vikri Haryo Seno

Format Penulisan

  1. Artikel diketik 2 (dua) spasi pada kertas ukuran kuarto;
  2. Batas tepi atas, bawah, dan kanan dibuat 2,5 cm dan untuk tepi kiri 3 cm. Jenis huruf Times New Roman ukuran 12 (kecuali judul artikel ukuran 14), menggunakan pengolah kata MS Word ;
  3. Halaman pertama harus mencantumkan judul tulisan, nama penulis, npm, jurusan, dan nama dosen pembimbing;
  4. Penomoran menggunakan angka (bukan romawi);
  5. Penomoran halaman judul sampai dengan daftar pustaka menggunakan angka (bukan romawi), ditempatkan di tepi bawah tengah, dari tepi bawah ke atas 1,5cm;
  6. Tabel, gambar, dan grafik harus diberi nomor dengan menggunakan angka serta dicantumkan sumber atau acuannya. Penomoran tabel diletakkan pada bagian atas tabel, sedangkan penomoran gambar dan grafik diletakkan pada bagian bawah gambar atau grafik.

Kata Kunci (Keywords)

Untuk penulisan abstrak, setelah intisari cantumkan 4 (empat) – 5 (lima) kata kunci menyangkut isi artikel, kata kunci harus mengikuti urut alphabet dan menggunakan huruf kecl serta cetak miring.

Telaah Pustaka

Karya yang diacu harus menggunakan “sistem penulis-tahun-halaman” yang mengacu pada daftar pustaka.

  1. Dalam teks, karya diacu dengan cara menulis nama akhir/keluarga penulis dan tahun serta halaman dalam tanda kurung, contoh: untuk satu penulis (Gitman, 2006:99), dua penulis (Van Horne dan Wachowiz, 2000:88), lebih dari 2 penulis (Said et al., 2001:30).
  2. Apabila sitasi pustaka lebih dari satu tulisan oleh penulis yang sama dalam tahun penerbitan yang sama, gunakan akhiran a, b dan seterusnya setelah tahun pada acuan, contoh: (Hadianto, 2007a:28) atau (Hadianto, 2007b:20).
  3. Sitasi pustaka yang merupakan karya institusional sedapat mungkin harus menggunakan akronim atau singkatan sependek mungkin, contoh: (BPS, 2005).

Daftar Pustaka

Setiap artikel harus mencantumkan daftar pustaka yang isinya hanya karya yang diacu. Untuk daftar pustaka, gunakan format berikut:

  1. Urutkan pustaka berdasarkan abjad, sesuai dengan nama akhir/keluarga pengarang atau institusi yang bertanggung jawab atas suatu karya.
  2. Gunakan inisial nama depan dari penulis.
  3. Judul jurnal tidak boleh disingkat.
  4. Kalau lebih dari satu karya oleh penulis yang sama, urutkan secara kronologis waktu terbitan. Dua karya atau lebih dalam satu tahun oleh penulis yang sama dibedakan dengan huruf setelah tahun.

Beberapa contoh penulisan daftar pustaka sebagai berikut:

Untuk jurnal/majalah ilmiah

Anastasia, N., Gunawan, Y.W., dan Wijiyanti, I., 2002, “Analisis Fundamental dan Risiko Sistematik Terhadap Harga Saham Properti di Bursa Efek Jakarta”, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 6 (1), hal. 123-132.

Saatcioglu, K., dan Starks, L.T., 1998, “The Stock Price-Volume Relationship in Emerging Stock Market: The case of Latin America”, International Journal of Forecasting, 14 (2), hal. 215-225.

Untuk buku

Gitman, L.J., 2006, Principle of Managerial Finance. 11th Edition. Pearson Addison-Wesley, Boston.

Supranto, J., 2001, Statistik: Teori dan Aplikasi, Edisi Keenam, Jilid Kedua, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Untuk makalah dan karya ilmiah lainnya yang tidak diterbitkan.

Hadianto, B., 2007, Pengaruh Volume Perdagangan dan Risiko Sistematik Terhadap Return Saham Telkom dan Indosat di Bursa Efek Jakarta selama 1997-2004. Tesis Magister Sains, Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran, Bandung (tidak dipublikasikan).

Untuk referensi yang diakses dari internet

Hernanda, A.R., (2008), “Harga Benih Sawit Diperkirakan Melonjak”, Harian Bisnis Indonesia, 13 Maret 2008 diakses dari http://web.bisnis.com/edisi-cetak/edisi-harian/agribisnis/1id48618.html pada tanggal 1 April 2008.

Catatan Kaki

Catatan kaki tidak digunakan untuk sitasi. Catatan kaki tekstual harus digunakan hanya untuk perluasan informasi yang jika dimasukkan dalam teks bisa mengganggu kontinuitas bacaan.


Sistematika

Penulisan

Agar lebih jelas maka akan diberikan contoh sistematika skripsi singkat

Halaman Cover

A.Lembar Pengesahan

B.Abstrak. Untuk abstrak terdiri dari 3 Paragraf, Paragraf pertama tentang tujuan penelitian skripsi dan latar belakang; Paragraf kedua tentang data, tahap analisis model; Paragraf ketiga tentang hasil yang didapat dan simpulan, lihat contoh di bawah ini:

C. Kata Pengantar

D. Daftar Isi

E. Bab Penelitian :

Bab I Pendahuluan

Pendahuluan

Latar Belakang

Rumusan Masalah,

Batasan Masalah,

Tujuan Penelitian,

Manfaat Penelitian,

Model Penelitian

Hipotesis Penelitian

Bab II Telaah Pustaka

Telaah Pustaka

Mencakup telaah pustaka mengenai topik yang dipilih, studi empirik yang terkait sehubungan dengan topik yang yang diteliti, dan pengembangan hipotesis penelitian berdasarkan tinjauan teoritis, termasuk penelitian sebelumnya (jika ada).

Bab III Metode Penelitian

Metode Penelitian

Mencakup jenis penelitian, operasionalisasi variabel penelitian, metode pengumpulan data yang mencakup teknik penentuan sampel dan teknik pengumpulan data, serta teknik analisis data yang digunakan, termasuk penentuan uji statistiknya..

Bab IV Hasil dan Pembahasan

Hasil yang diharapkan,

Mencakup deskripsi hasil dan pembahasan hipotesis penelitian.

Bab V Simpulan dan Implikasi

Mencakup hasil uji serta diterima atau ditolaknya hipotesis penelitian tersebut, implikasi dapat dijelaskan sebagai ada tidaknya keselarasan hasil penelitian sebagai dukungan model (implikasi penelitian) dengan situasional manajemen perusahaan yang dijadikan obyek penelitian (implikasi manajerial)

F. Daftar Pustaka

G. Lampiran (sebagai hasil ouput penghitungan)

sumber : imansoenhadji.wordpress.com


vikrii_chiaki
Label:
Reaksi : 
1 Response
  1. 3vyLin4's Says:

    waw..its great,,...
    aku mau dikirimkan dunk teman untuk pedoman pembuatan skripsi ya ciaki...
    Trimakasih hehehe


Poskan Komentar