WELCOME TO MY BLOG
Vikri Haryo Seno
Sudah masuk Bulan April nih.. Bulan April adalah bulan setelah maret dan biasanya di beberapa negara 1 April itu diperingati sebagai April Fools Day atau April Mop..
Mungkin di Indonesia tidak se Booming di negara luar, tapi biasanya April Mop di beberapa negara diwarnai dengan aksi lelucon atau aksi menjahilin orang. Bahkan satu stasiun TV juga pernah menayangkan acara Fools TV selama bulan April,hahaa.. Lucu juga yah..
Yah mungkin di Indonesia juga ada sih aksi jahilin orang terutama artis seperti yang kita tahu JAIl nya Trans TV, Jebakan Batman SCTV, atau Kena Deh nya Trans 7.. Tapi itupun juga tidak secara khusus pada bulan April saja.

Biasanya orang akan menjawab bahwa April Mop adalah hari di mana kita boleh dan sah-sah saja menipu teman, orang tua, saudara, atau sejenisnya, dan sang target tidak boleh marah atau emosi ketika sadar bahwa dirinya telah menjadi sasaran April Mop. Biasanya sang target, jika sudah sadar kena April Mop, maka dirinya juga akan tertawa atau minimal mengumpat sebal, tentu saja bukan marah sungguhan.

Walaupun belum sepopuler perayaan tahun baru atau Valentine’s Day, budaya April Mop dalam dua dekade terakhir memperlihatkan kecenderungan yang makin akrab di masyarakat perkotaan kita. Bukan mustahil pula, ke depan juga akan meluas ke masyarakat yang tinggal di pedesaan. Ironisnya, masyarakat dengan mudah meniru kebudayaan Barat ini tanpa mengkritisinya terlebih dahulu, apakah budaya itu baik atau tidak, bermanfaat atau sebaliknya.

Dan tahukan kalian, kalau April Mop itu juga ada sejarahnya yang setiap negara mempunyai sejarahnya sendiri tentang 1st April tersebut..

"April Mop sudah dikenal di Perancis pada abad 16, Sebelum ada penyempurnaan sistim penanggalan seperti yang kita kenal saat ini,tanggal tersebut di anggap sebagai hari pergantian tahun. (kata April diserap dari bahasa Belanda - aprire, artinya membuka) Padahal Paus Gregory telah memperkenalkan sistim penanggalan baru yang diawali dengan bulan Januari, tetapi sosialisasi (mungkin belum ada TV/ Radio) tidak mencapai semua kalangan dan bahkan banyak yang tidak percaya ketika diberitahukan perihal tersebut. Sehingga mereka tetap merayakan tahun baru setiap tanggal 1 April. Merekalah yang disebut April Fools, orang-orang yang tertipu di bulan April.

Ada Teori lain yang dimuat di Washington Post mengatakan bahwa tradisi ini dimulai pada jaman Romawi Kuno. Saat itu ada perayaan kepada dewi Ceres, Dewi Panen. Konon putri sang Dewi diculik oleh Pluto, dewa dunia gaib. Ceres diceritakan mengikuti gema suara teriakan anaknya, hal yang mustahil, sebab gema sangat sulit dicari sumber asalnya. Sehingga Ceres dikatakan melaksanakan “a fools errand” atau tugas orang bodoh.

April Mop atau April Fools ini juga kerap diperingati oleh media massa dengan menerbitkan kisah luar biasa yang hanya mengada-ada saja. "Hoax April Mop"

Di Inggris April Mop lebih dikenal dengan istilah April noddie sebutan buat orang-orang yang tertipu

Di Skotlandia di peringati selama 2 hari yang dinamakan April gowk, dan pada hari kedua dinamakan Taily day yang dikhususkan mengarah ke fisik seseorang pada anggota badannya.

Para agamais di Eropa menilai asal muasal April Mop merupakan tanggal lahir dan kematian Judas Iskariot yang menghianati Yesus, gurunya. Yudas identik dengan Iblis yang suka berdusta.

Bahkan ada yang menganggap April mop berasal dari hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara Salib lewat cara-cara penipuan Sebab itulah, para tentara salib merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka."
Yang paling mengena sejarahnya ya tentang pembantaian ribuan umat muslim itu. Nggak tahu bener atau nggak tapiapi cerita tentang dibunuhnya ribuan umat muslim itu juga ada dibantah oleh beberapa situs dengan alasannya masing-masing.
Yah mungkin kita sebagai umat muslim mungkin juga tidak perlu merayakan April Mop secara khusus seperti di luar, karena jika berita pembantaian itu benar sama saja kita mentertawakan kaum kita sendiri, bukankah begitu?
Dan secara harfiah ya, jahilin orang juga gak bagus apalagi sampai ngerjain yang keterlaluan. Tapi kalo sekedar ngecengin atau shock therapy ya boleh saja,,hehehe....



vikrii_chiaki
Label: , ,
Reaksi : 
0 Responses

Poskan Komentar