WELCOME TO MY BLOG
Vikri Haryo Seno
Sekilas saya akan membahas tentang Insomnia. Hmmm, sebenernya saya kadang suka mengidap penyakit ini jika tidak ada kesibukan yang berarti aka kecapekan. Dan sialnya penyakit ini kambuh lagi beberapa minggu ini,hufft.. Ada saat dimana saya insomnia, saya menghabiskan malam dengan nonton dvd ataupun menghabiskan waktu depan laptop.

Apa sih insomnia itu??

hmmm.. Insomnia adalah kesulitan untuk tidur. Biasanya insomnia bisa disebabkan karena banyak pikiran, terlalu lelah atau kekenyangan. Penderita insomnia penuh dengan semangat, optimis dan keceriaan tetapi ada satu masalah yang dihadapi. Penderita insomnia tidak dapat tidur dengan nyenyak dan mengalami penderitaan dalam kehidupan karena biasanya akan gelisah dan merasa diteror pada saat menjelang tidur sehingga hal ini sangat mempengaruhi ritme kerja dan kehidupannya.

Di Amerika, sekarang ini insomnia menjadi isu kesehatan yang paling penting. Sekitar setengah masyarakat Amerika yang berusia 25 tahun ke atas mengkonsultasikan masalah tidurnya kepada dokter. Banyak warga Amerika mengkonsumsi berbagai jenis obat tidur. Berdasarkan data statistik, pengeluaran untuk membeli obat tidur lebih tibbi dibandingkan dengan obat-obatan lainnya.

Secara psikologis, tidur yang disebabkan oleh hipnotik bukan tidur yang sesungguhnya karena tidak menghasilkan efek seperti yang dihasilkan oleh tidur nyenyak secara psikologis. Jikas seseorang tidur setelah minum alkohol, sama saja dengan mabuk yang membuat kondisi kepala kacau dan itu bukan tidur yang sesungguhnya. Minum brandy atau anggur memang dapat mendorong orang untuk tidur tetapi hal ini tidak dapat dipakai untuk mengobati insomnia.


Beberapa cara mengatasi atau mencegah insomnia adalah sebagai berikut:

1. Buat jadwal tidur

Usahakan untuk mulai tertidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya, termasuk di akhir pekan. Jika Anda terbiasa tidur pada jam tertentu, kebiasaan yang sama juga akan muncul malam berikutnya. Selain itu batasi waktu di tempat tidur. Terlalu lama berada di tempat tidur membuat tidur tidak sehat.
2. Hindari keinginan untuk tidur

Semakin keras usaha Anda untuk tidur, justru membuat Anda semakin terjaga. Membaca majalah, buku, atau menonton televisi dapat membuat Anda mengantuk dan selanjutnya tertidur. Air hangat atau makanan kecil sebelum tidur dapat membantu Anda tertidur.

3. Hindari nikotin, alkohol dan kafein

Rokok, seperti halnya alkohol dan kafein akan mengganggu kualitas tidur Anda. Teh, soda, dan cokelat, termasuk dalam daftar makanan yang mengandung kafein. Selain itu, beberapa jenis obat juga mengandung zat yang membuat sistem tubuh lebih aktif, sehingga Anda akan sulit tertidur.

4. Perhatikan makanan

Perbanyaklah mengonsumsi makanan produk hewani, seperti susu, keju, daging, atau ikan. Makanan tersebut mengandung tryptophan, yaitu jenis asam lemak yang menghasilkan serotonin dan mengendurkan syaraf pada pusat otak.

5. Nyaman nomor satu

Untuk urusan tidur, kenyamanan merupakan yang utama. Pastikan ranjang yang Anda pakai masih memiliki per yang bagus serta kebersihan seprai dan bantal terjaga. Musik yang lembut sebagai pengantar tidur juga bisa membantu mengantar Anda ke alam tidur. Kurangi suara yang dapat mengganggu tidur, misalnya suara kipas angin, pintu, atau suara yang mengganggu lainnya. Kurangi minum sebelum tidur, sehingga tidak membuat terbangun untuk buang air kecil.

6. Matikan lampu

Jangan lupa untuk memadamkan lampu. Sinar lampu akan membuat otak menerima pesan sebagai tanda untuk tetap terjaga. Selain itu, singkirkan jam dari penglihatan Anda. Menghindari jam diketahui efektif membantu orang tertidur hingga 90 persen. Saat Anda terbangun dan melihat jam, maka tubuh Anda mengalami transisi dari tidur menjadi bangun, akibatnya Anda akan kesulitan untuk tertidur kembali.

7. Posisi Tidur

Ketika berbaring , Anda mungkin akan lebih nyaman jika tulang belakang didukung dengan menggunakan dua bantal: satu di antara kaki Anda, yang lainnya di bawah lengan Anda untuk dipeluk. Dalam waktu singkat, mengatur bantal berguling setiap kali Anda akan menjadi kebiasaan.

8. Membuang Masalah di Pikiran

Ambil rasa kekhawatiran anda dan membuangnya sebelum tidur. Jika Anda percaya pada Tuhan, berikan masalah Anda kepadanya. Dia tahu bagaimana menyelesaikannya. Dia akan sepanjang malam. Jadi anda tidak perlu khawatir. Jika anda tidak religius, gunakan teknik visualisasi untuk membayangkan diri membuang kekhawatiran Anda, satu per satu. (Jika Anda memiliki pekerjaan rumah yang belum selesai, selesaikan itu nanti)

9. Jangan Melihat Ke Arah Jam terus-menerus

Ini akan membuat anda terpacu otaknya untuk tidur yang berakibat anda malh sulit tidur.

10. Penataan Ulang

Menata ulang kamar tidur Anda sehingga tempat tidur Anda berada dalam posisi yang berbeda atau, jika mungkin, bertukar tempat tidur atau kamar tidur dengan orang lain. Perubahan pemandangan mungkin cukup untuk mematahkan siklus insomnia


Itulah beberapa tips dari saya yang juga sudah menjadi referensi umum. Walau saya juga belum tentu dapat mempraktekkannya tetapi anda dapat mencobanya setidaknya.

Mudah-mudahan tips ini berguna bagi anda semua.


vikrii_chiaki

Label: ,
Reaksi : 
0 Responses

Poskan Komentar