WELCOME TO MY BLOG
Vikri Haryo Seno

-- 19 Desember 2009 - 20 Desember 2009 --

Tanggal 19-20 Desember 2009 kemarin telah sukses diadakan Festival Kemang yang memang sudah rutin dilakukan dari tahun ke tahun. Acara ini sebenernya untuk memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia pada bulan Agustus lalu tetapi karena bentrok dengan acara puasa akhirnya baru dilaksanakan di penghujung tahun ini. Saya datang 2 kali berturut-turut bersama teman dan keluarga. Saya sebagai warga Kemang bangga karena acara ini merupakan acara yang positif dalam rangka mempersatukan warga Betawi khususnya dan juga warga lain pada umumnya. Acara ini mengambil konsep yang beda lagi dari tahun kemarin. Tahun ini Festival Kemang mengusut tema "Pelangi Keluarga".


Pertama saya datang pada hari Sabtu bersama teman-teman saya, Ijeh,Romleh dan Kwok. Maklum orang Jauh kagak tahu namanye Festival Kemang. Saya ajaklah mereka melihat-lihat. Kesan pertama mereka cukup merespons dengan baik walau kata mereka barangnya agak mahal dan sulit ditawar. Tetapi dilihat dari kualitas, barang yang ditawarkan rata-rata cukup bagus dan berkualitas jadi harga juga menjamin dan gak pernah bohong.


Di Festival Kemang ini terdapat banyak stand-stand yang berjejer di sepanjang jalan kemang 1,5 KM yang berisikan stand Baju, stand aksesoris, stand tanaman hias, stand elektronik, stand makanan dan minuman dan lain sebagainya yang kira-kira berjumlah ratusan mungkin. Harga yang ditawarkan juga variatif mulai dari harga empire sampai harga yang cukup tinggi.


Stand makanan dan minuman yang mungkin dirasa paling ramai disini. Macam-macam makanan yang variatif ditawarkan disini mulai dari tradisional sampai internasional. Saya tertarik dengan Hot Dog King yang sosisnya mempunyii size cukup besar,hahaha,cukup membuat kenyang perut. Harganya juga lumayan Rp. 15.000 – Rp. 25.000. selain itu ada juga kebab dari Baba Rafi sampai kebab lainnya. Ada juga Mie Aceh yang saya rasakan juga enak dank has sekali. Harganya juga lumayan lah Rp. 15.000 saja per porsi. Banyak lagi makanan lainnya yang ditawarkan disitu, sampai untuk oleh-oleh orang rumah juga ada, mulai dari Pie, Cuisine sampai kue tradisional seperti Kue Bulan, Kripik Pisang lapis Coklat, etc. Kalian tahu juga Kemang memang Rajanya Resto dan Kafe, jadi apalah yang dicari selain makanannya yang maknyoosss.


Dari semua makanan disini terasa kurang rasanya tanpa kehadiran Kerak Telor. Yaitu makanan khas Betawi yang terbuat dari ketan yang dilapisi telor dan dibubuhi bumbu kelapa. Mmmhh, bangga rasanya jadi orang Betawi,makanannya enak banged cing. Banyak penjual kerak telor disini. Rata-rata penjualnya memakai baju koko, peci dan sarung di lehernya, yang menandakan orang Betawi asli. Cara membuat kerak telor juga khas dengan ,menggunakan bara api dari arang. Mmmhh,,bener-bener yummy right?


Acara Festival Kemang ini juga diisi oleh banyak stasiun TV dan Radio. Juga disponsori oleh berbagai elemen. Banyak bintang tamu dan artisnya juga disini. Selain itu yang membuat saya tertarik adalah hiburan acara yang diisi oleh Qasidahan khas Betawi. Disini para Bapak-bapak memainkan alat musiknya sedangkan Ibu-ibunya bernyanyi music Qasidahan. Hahahaa. Kayak Emak saya jaman dulu, jadi ingat. Hehehee. * CURCOL*


Di satu spot saya melihat poster-poster Benyamis S dan juga menjual Kaset-kaset lagunya dari jaman dulu,hwaaaa,memang artis Betawi paling sukses di Eranya. Di sisi lain juga ada sepeda ontel dan sepeda unik lainnya. Yang biasanya kita lihat di Kota Toea sekarang dapat kita lihat di Festival ini. Sungguh kuno dan memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi. selain itu juga ada peragaan sirkus. Masih banyak acara unik disini.






Yang saya lihat juga style anak muda disini, rata-rata memiliki gaya yang hampir sama yaitu menggunakan kacamata besar. Entah itu gaya atau apa, tapi usut punya usut kata adik saya, itu gaya Pee Wee Gaskin, salah satu band indie yang lagi ngeTOP sekarang,hahahaaa, Makin kemari trend juga banyak berubah yaaahh.

Yasudah artikel ini mungkin sedikit banyak memberikan gambaran bagi kalian tentang situasi Festival Kemang yang sangat disayangkan bila kalian tidak datang kesana. Selain bisa mengenal Budaya Asli Betawi juga kalian bisa cuci mata sekalian. Moga artikel ini berguna yah buat semuanya. Dan mungkin bisa tertarik untuk datang pada Festival Tahun Depan. Okeh!! See You Yaps!

Label: ,
Reaksi : 
0 Responses

Poskan Komentar