WELCOME TO MY BLOG
Vikri Haryo Seno


--27 Desember 2009--

Ingin melupakan hal-hal yang kurang menyenangkan di tahun 2009?
Sah-sah aja kok. Bahkan di Jepang mereka menjadikannya tradisi!

Bonenkai, atau biasa disebut ”Forget-the-year party”, tak pernah terlewatkan oleh orang-orang Jepang. Sesuai dengan artinya, Bonenkai dimaksudkan untuk melupakan semua hal yang tidak menyenangkan yang telah terjadi selama setahun dan menyambut awal baru dengan pikiran yang segar. Bonenkai yang dirayakan setiap bulan Desember sebelum tahun baru biasanya diisi dengan acara makan-makan dan minum-minum bersama kerabat atau teman-teman.

Nah, dasar itulah yang dipakai sehingga terlaksanalah acara Japan Bonenkai Festival di Hotel Salak Bogor 26-27 Desember 2009 lalu. Saya bersama 2 rekan saya mempunyai kesempatan untuk mengunjungi festival tersebut. Saya datang pada hari kedua yaitu tanggal 27 Desember karena lokasinya yang cukup jauh dari rumah saya yang di Jakarta. Tapi karena penasaran dengan acara Jepang di Bogor maka saya mencoba datang kesana.

Tak seperti acara Jepang yang biasa saya datangi seperti sebelumnya, acara ini diadakan di sebuah Hotel yang terkenal di Bogor. Konsep yang ditawarkan seperti Family Gathering gitu.

Pertama datang kita harus membeli tiket dengan HTM Rp. 5000 saja. Pertama kali masuk suasananya yah seperti hotel pada umumnya, terlihat megah. Acaranya pun diselenggarakan di beberapa tempat, ada di Ballroom, swimming pool, dan aula-aula lain.


Di aula pertama, diisi dengan berbagai stand-stand pernak-pernik ala Jepang maupun aksesoris-aksesoris lucu. Tidak terlihat esuatu yang baru. Stand-standnya sering kita jumpai di Festival-festival yang sudah ada. Mungkin beberapa ada yang baru dan unik-unik. Di Bagian Lobby kita juga dapat berfoto dengan kimono dan Yukata tetapi dengan membayar sejumlah uang.



Di aula besar (Large Room), disini diisi dengan berbagai acara inti, seperti Washi Performance (Boneka Kertas Jepang), Peragaan Kimono dan tata Carannya, Taiko by Okinawa, Osaka Odori dari Mahasiswa Universitas Pakuan, Cosplay performance, Rampag, Peragaan Batik, Japan Drama, JApan Moviedan masih banyak lagi. Yang menarik disini adalah persembahan Gatot Kaca Cyborg. Disini menyerupai Gatot Kaca tapi diramu secara unik dengan robot ala Anime jepang. Sungguh unik.








Kita beralih ke Swimming Pool, disini terdapat stand-stand makanan dan minuman khas jepang tetapi dengan ala catering gitu. Makanan ini disajikan secara mewah ala Hotel Resto gitu. Untuk membeli makanan tersebut kita harus membeli voucher (kupon) makan yang 1 kuponnya itu seharga Rp. 5000. Rata-rata makanan disini dapet dibeli dengan 3-4 kupon paling mahal. Yang sedikit aneh saja, mungkin penyajiannya, sedikit beda dengan konsep festival Jepang yang ala kedai,terlihat lebih mewah sehingga sedikit aneh makanan yang dibuat. Tapi rasanya lumayan sama sih. Dari sisi penyajian saja yang beda.








Di salah satu aula (disebut Kinanti aula disana), ada panggung kecil yang digunakan untuk performance sebuah band yang beraliran Jepang. Disini terlihat banyak sekali J-Pop dan J-Rock yang sangat antusias.



Acara ini cukup banyak diminati oleh orang sekitar. Terbukti dari banyaknya pengunjung yang datang, sangat ramai sekali terllihat disini,,ckckck... Karena aula stand cukup sempit jadi agak desek-desekan untuk melihat-lihat. Membuat kami malas dan sedikit bosan.



Selebihnya acara ini cukup menarik tapi sayang menjelang sore hujan jadi tidak sempat melihat hanabi. Sehingga saya dan teman-teman memutuskan untuk pulang. Maklum Rumah jauh,,hehehe...
Label: , ,
Reaksi : 
0 Responses

Poskan Komentar