WELCOME TO MY BLOG
Vikri Haryo Seno
Warga Haiti yang masih shock dan mengalami cedera hanya bisa duduk di pinggir jalan dalam kegelapan malam sambil menanti bantuan, setelah gempa dahsyat mengguncang negara miskin di Karibia tersebut, Selasa malam. Sejauh ini belum diketahui berapa jumlah korban yang terperangkap dalam reruntuhan rumah dan gedung.

Gempa Haiti terdahsyat dalam 200 tahun terakhir itu berkekuatan 7,0 skala richter (SR) dan terjadi sejak Selasa malam kemarin. Tim penolong belumbisa memastikan jumlah korban dan kerugian akibat bencana itu, namun dipastikan ribuan penduduk tewas tertimpa reruntuhan gedung dan rumah mereka di ibu kota Haiti.

Gedung Nasional yang memiliki banyak ornamen hancur berkeping-keping. Markas besar PBB untuk misi perdamaian pun runtuh. Ratusan rumah hancur lebur menjadi satu. Debu berhamburan akibat satu per satu gedung runtuh membuat Port-au-Prince seolah diliputi kabut tebal selama beberapa jam.

Amerika Serikat (AS) dan negara-negara sekitar langsung menggalang bantuan kemanusiaan. Mereka juga mengirimkan tim penolong dan berbagai keperluanyang diperkirakan dibutuhkan warga Haiti, salah satu negara termiskin di Hemisphere Barat.

Rakyat yang masih terguncang dengan apa yang baru saja mereka alami tampak terpaku sambil menitikkan air mata. Seorang wanita tua dengan tubuh dilumuri debu diam tidak bergerak dan memandang ke arah rumahnyayang sudah rata dengan tanah. Sekelompok warga yang berhasil mengungsi ke taman kota duduk sambil berpegangan tangan dan mendendangkan lagu puji-pujian. Mereka berada di sana sejak semalam. Mereka bersyukurbisa berhasil keluar dari rumah dan menyelamatkan diri dari gempa.

Puluhan ribu warga kehilangan rumah dan masih ada puluhan ribu lainnya yang terperangkap dalam reruntuhan gedung. Meski tidak terjadi gempa susulan, namun di sana-sini terdengar dentuman gedung atau rumah yang hancur.

Banyak dukungan yang diberikan untuk warga Haiti dari sejumlah negara di dunia. Mulai dari mengirim bantuan berupa makanan, minuman, donasi, para medis, tim penyelamat, sampai relawan.

MTV yang menggelar “Hope for Haiti Now: A Global Benefit for Earthquake Relief,” yang disiarkan 22 Januari lalu dengan penampilan dari Jay-Z, Rihanna, dan U2 akan dijual melalui iTunes untuk donas pemulihan Haiti. Harga yang dikenakan untuk pre-order eksklusif full-performance album adalah $7.99 dan untuk video berdurasi 2 jamnya seharga $1.99. Penampilan individual juga akan dijual dengan harga $0.99 dan sepenuhnya akan disumbangkan untuk pemulihan Haiti. Artis lain yang ikutan dalam konser Hope For Haiti Now ini adalah Madonna, Bruce Springsteen, Jennifer Hudson, Mary J. Blige, Shakira, Sting dan Wyclef di New York. Alicia Keys, Christina Aguilera, Dave Matthews, John Legend, Justin Timberlake, Steve Wonder dan Taylor Swift di Los Angeles, dengan Kid Rock, Keith Urban dan Sheryl Crow yang tampil bersama. Sementara itu Beyonce dan Coldplay akan tampil di London.

Acara amal di TV ini ditayangkan live dengan disaksikan di 640 juta rumah di seluruh dunia, dan semua penampilan panggungnya dapat dibeli di iTunes, di mana hasilnya disumbangkan untuk korban bencana gempa ini. Anda juga bisa menyumbang online lewat Hopeforhaitinow.org.


Sementara itu, sumbangan gempa Haiti terus mengalir. Termasuk dari selebiti papan atas Hollywood yang diprakarsai Entertaimaent Industry Foundation. Dana yang terkumpul sementara sebesar US$57 juta (sekitar Rp 570 milyar).


"Masyarakat mempunyai standar baru untuk memberikan sumbangan melalui telethon," kata Lisa Paulsen, President dan sekaligus CEO Entertaiment Industry Foundation. Mereka mengumpulkan sumbangan dari berbagai acara selebriti yang digelar.

Selain itu, setiap orang otomatis menyumbang sebesar 99 sen atau mereka menyumbang sebesar 7,99 dolar dari album "The Hope For Haiti Now" yang mereka beli.


Selama telethon berlangsung, album "The Hope For Haiti" menempati posisi teratas di iTunes. Masyarakat yang mau menyumbang bisa juga memberikan donasinya kepada melalui situs selama 6 bulan ke depan. Beberapa organisasi yang menyalurkan sumbangan antara lain Oxfam America, UNICEF, dan Clinton-Bush Haiti Foundation.


Orang-orang dapat menyumbang melalui teks, telepon atau melalui "Harapan untuk Haiti" situs Web selama enam bulan. Di antara organisasi yang akan menerima dana dari Amerika telethon termasuk Oxfam, UNICEF, dan Clinton-Bush Haiti Foundation.

Berikut beberapa penampilan dari beberapa artis :



Label: ,
Reaksi : 
0 Responses

Poskan Komentar