WELCOME TO MY BLOG
Vikri Haryo Seno
White Day (ホワイトデー?) (Hari Putih) adalah hari memberi hadiah untuk wanita yang jatuh tanggal 14 Maret. Perayaan ini berasal dari Jepang dan bukan tradisi Eropa atau Amerika. Hadiah berupa marshmallow atau permen diberikan sebagai balasan atas hadiah cokelat yang diterima pria sebulan sebelumnya di Hari Valentine. Di zaman sekarang, hadiah yang diberikan untuk wanita yang disenangi dapat berupa bunga, saputangan, perhiasan, atau barang-barang lain yang disukai wanita.

Pertama kali dirayakan tahun 1980 di Jepang, perayaan ini sekarang juga dirayakan di negara Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, dan Indonesia. Perayaan White Day berawal dari strategi koperasi produsen permen Jepang yang ingin meningkatkan penjualan permen. Bahan baku permen adalah gula yang berwarna putih (white) sehingga disebut White Day. Ide perayaan diambil dari "Hari Marshmallow" yang merupakan acara promosi kue marshmallow Tsuru no ko yang diadakan toko kue di kota Fukuoka.

Di Hari Valentine, wanita dari berbagai kelompok umur di Jepang memiliki tradisi memberi hadiah cokelat kepada pria yang disenangi, teman sekolah, rekan kerja, pacar, ayah, atau suami. Pria yang menerima cokelat berkeinginan membalasnya, dan niat ini disambut pedagang permen di sekitar pertengahan tahun 1970-an dengan mencetuskan ide "hadiah balasan" berupa kue kering, marshmallow, atau permen.

Pada 14 Maret, sebulan setelah hari Valentine, para pria yang beruntung mendapatkan cokelat spesial pada hari Valentine berkesempatan untuk memberikan permen atau cokelat yang lebih mahal untuk membalas kebaikan wanita tersebut.



Lagi-lagi semua toko membuat promosi besar-besaran untuk perayaan ini, sehingga pria yang paling pelupa sekalipun tidak bisa beralasan lupa akan hari itu. Cokelat yang diberikan oleh para pria biasanya dikemas dalam kotak putih (oleh karena itu disebut "White Day") dan diletakkan dalam sebuah kantung belanja yang terpisah.


Strategi penjualan permen sebagai "hadiah balasan" ternyata berhasil meningkatkan angka penjualan, sehingga koperasi produsen permen nasional wilayah Kanto menetapkan 14 Maret sebagai "White Day". Di tahun 1978, koperasi produsen permen menciptakan slogan untuk White Day sebagai "hari untuk mengirim permen". Setelah dipersiapkan selama 2 tahun, perayaan White Day yang pertama dilangsungkan secara nasional di Jepang pada tahun 1980.
Label: , ,
Reaksi : 
0 Responses

Poskan Komentar