WELCOME TO MY BLOG
Vikri Haryo Seno

Inilah gambaran perayaan malam pergantian tahun di sejumlah kota di beberapa negara. Mengutip AFP, perayaan malam Tahun Baru disemarakkan dengan pesta kembang api di seluruh dunia, dengan pengamanan yang dilakukan secara ketat.

Di London, Inggris, lebih dari 200.000 orang memadati tepian Sungai Thames. Mereka ingin menyaksikan kembang api yang keluar dari London Eye, kincir raksasa, di seberang Gedung Parlemen Inggris dan Big Ben, ikon kota London.

Di kota lainnya, Edinburgh, sebanyak 80.000 orang merayakannya dengan mengikuti Hogmanay, pesta tahunan jalanan. Perayaan ini cukup semarak, meskipun harus melawan dingin. Pesta kembang api meriah dilakukan di Menara Edinburgh.

Sementara itu di Rusia, lebih dari 120.000 orang berkumpul di Moscow's Red Square untuk bersulang merayakan pergantian tahun. Presiden Rusia Dmitry Medvedev mengucapkan terima kasih kepada bangsanya yang bertahan di tengah krisis ekonomi. "Tahun 2009 tidak begitu mudah bagi negara kita, dan saya ingin berterima kasih kepada Anda semua yang bersama-sama menghadapi kondisi ini," Medvedev.

Di Australia, sekitar 1,5 juta orang memadati Sydney Harbour, kawasan tepi pantai, untuk menyaksikan pesta kembang api yang diluncurkan dari jembatan yang menjadi ikon, Sydney Harbour Bridge, dan empat kapal tongkang yang tengah berlabuh.

Demikian juga di Hongkong, perayaan Tahun Baru dimeriahkan dengan pesta kembang api. Sekitar 9.000 kembang api dilepaskan dari gedung pencakar langit tertinggi di negara itu dan gedung-gedung lainnya. Kilauan cahaya yang memancar dari ribuan kembang api itu disiarkan dan ditayangkan pada sebuah layar raksasa dan berlangsung selama 5 menit.

Di Paris, sekitar 70.000 orang berkumpul di dekat Menara Eiffel untuk pertunjukan kembang api aneka warna. Untuk mengamankan perayaan Tahun Baru di kawasan ini, kepolisian setempat mengerahkan 8.000 personel.

Lain halnya di Thailand, pesta kembang api dilarang di negara tersebut setelah perayaan Tahun Baru 2009 menelan korban. Tahun lalu, sebanyak 69 orang tewas setelah kebakaran yang disebabkan kembang api di sebuah klub malam di Bangkok.

Adapun di Berlin, Jerman, setidaknya satu juta warga berkumpul di boulevard menuju Gerbang Brandenburg, yang merupakan simbol persatuan Jerman. Pesta Tahun Baru dimeriahkan dengan panggung pertunjukan musik dan DJ yang membuat pesta semakin meriah.

Di Polandia, sekitar 90.000 orang menghadiri konser Tahun Baru di Warsawa untuk mengenang Michael Jackson.

Sumber : Kompas.com


vikrii_chiaki
Label: ,
Reaksi : 
0 Responses

Poskan Komentar